7 Jenis Background Check Karyawan pada Proses Rekrutmen

Salah satu manipulasi yang paling sering dilakukan oleh para pencari kerja adalah melebih-lebihkan riwayat pekerjaan.

7 Jenis background check karyawan saat proses recruitment

Informasi seperti jabatan sebelumnya, tanggung jawab, dan bahkan alasan pemutusan hubungan kerja adalah beberapa jenis manipulasi yang paling banyak dilakukan.

Tenang, untuk mengatasi manipulasi tersebut, perusahaan dapat melakukan background check.

Ada beberapa jenis background check di Indonesia yang digunakan perusahaan untuk menyaring kandidat yang tepat dan mencegah potensi tuntutan hukum.

Mulai dari pemeriksaan riwayat kriminal hingga verifikasi pendidikan, validasi riwayat pekerjaan hingga pemeriksaan referensi.

Jika saat ini proses rekrutmen dan seleksi perusahaan Anda saat ini belum mencakup verifikasi hal-hal tersebut, perusahaan berpotensi untuk merekrut kandidat yang mungkin menunjukkan perilaku tidak jujur.

Efeknya?

Perusahaan yang mempekerjakan kandidat yang tidak jujur dapat memperbesar risiko seperti kerusakan reputasi. Itulah sebabnya background check harus digunakan untuk memverifikasi keakuratan klaim pelamar.

Jadi, apa yang diperlukan dalam background check, dan apa manfaatnya?

 

Apa itu Background Check Karyawan?

Background check merupakan langkah antisipasi yang diambil perusahaan dengan memastikan latar belakang karyawan, riwayat pekerjaan, aktivitas keuangan, perilaku media sosial, dan detail relevan lainnya.

Tujuan verifikasi ini adalah memastikan lingkungan kerja yang aman dan produktif. 

Pada berbagai kasus, background check dilakukan untuk mengetahui apakah karyawan tersebut membutuhkan dukungan ekstra dalam hal kesehatan mental, rehabilitasi, dll.

Pemeriksaan latar belakang karyawan juga membantu perusahaan menempatkan kandidat pada posisi yang membutuhkan kepercayaan tinggi. 

Rata-rata, proses background check pada kandidat dapat berlangsung antara 1-10 hari. Namun, proses tersebut akan bervariasi tergantung pada pekerjaan dan jenis tanggung jawab posisi tersebut.

 

Manfaat Background Check Karyawan 

Selain menghindari fraud, tingkat turnover karyawan yang lebih rendah, background check akan membantu perusahaan untuk mencegah money laundering dan merekrut karyawan yang memiliki pengalaman penipuan.

Proses background check karyawan dapat dilakukan  dengan memeriksa media sosial hingga melakukan tes narkoba, riwayat keuangan, dan lain-lain. 

Namun, perusahaan tidak dapat meremehkan manfaat melakukan pemeriksaan latar belakang yang komprehensif.

 

1. Manajemen Risiko

Dengan memeriksa jabatan kandidat sebelumnya, tugas dan tanggung jawab serta jenis pekerjaan mereka akan memverifikasi keakuratan klaim pelamar di CV mereka dan menunjukkan integritas kandidat tersebut.

Selain memverifikasi posisi pekerjaan sebelumnya, Employment History Check dapat digunakan untuk menilai apakah pekerjaan sebelumnya mempengaruhi kesesuaian mereka untuk peran yang sedang mereka lamar.

Dengan menilai riwayat pekerjaan kandidat dan mengonfirmasi kelayakan mereka untuk bekerja, Anda dapat mengurangi risiko mempekerjakan karyawan yang tidak sesuai dan perilaku curang apa pun.

 

2. Mengurangi Biaya Jangka Panjang

Semakin banyak informasi terkait kandidat sebelum mempekerjakan mereka, semakin kecil risiko keputusan rekrutmen yang tidak berdasarkan informasi atau bias.

Informasi yang bias membuat perusahaan berisiko hire kandidat yang tidak sesuai. Dan jika benar terjadi, mungkin perusahaan perlu hire kembali kandidat yang lebih cocok untuk posisi tersebut.

Harus kembali mengulang proses recruitment, hiring, dan training karyawan menjadi harga yang sangat mahal.

 

3. Verifikasi Kandidat yang Jujur

Dengan memverifikasi riwayat pekerjaan kandidat, kemungkinan besar perusahaan akan merekrut kandidat yang telah menunjukkan integritas dengan mengatakan kebenaran dibandingkan kandidat lain yang cenderung melebih-lebihkan kompetensi dan riwayat mereka.

Banyak kandidat akan melebih-lebihkan pengalaman kerja dan keahlian mereka agar terlihat bagus di atas kertas.

 

Beberapa manfaat lainnya bagi perusahaan

4. Membantu mencegah penipuan dan terorisme

5. Memungkinkan untuk menempatkan pertahanan yang solid

6. Maksimalkan produktivitas

7. Keamanan data

 

Apakah Background Check Sah di Indonesia?

Tidak ada persyaratan hukum atau peraturan yang secara spesifik mengatur hal ini. Sebaliknya, sekarang ada undang-undang untuk melindungi penyimpanan data karyawan juga. Data ini mungkin termasuk:

  • Catatan kriminal
  • Catatan sekolah
  • Catatan ketenagakerjaan
  • Informasi keuangan

 

7 Jenis Background Check Karyawan

 

Employment History & Performance Check

Salah satu background check yang paling mendasar adalah riwayat pekerjaan. Verifikasi riwayat pekerjaan dapat memastikan bahwa pengalaman kerja yang ditunjukkan oleh kandidat, seperti jabatan, tanggal, kinerja, dan kualifikasi, adalah sah.

 

Pemeriksaan Catatan Sipil & Catatan Pidana

Setiap perusahaan tentu menginginkan karyawan berkualitas tanpa catatan kriminal.

Oleh karena itu pemeriksaan catatan sipil atau catatan kriminal merupakan salah satu dari sekian banyak pemeriksaan penting yang harus diperhatikan.

Meskipun tindakan ini mutlak diperlukan, mendapatkan informasi dari catatan pengadilan cenderung lebih sulit, kecuali jika perusahaan Anda bekerja sama dengan layanan outsourcing yang menyediakan layanan background check, seperti Abhitech.

 

Pemeriksaan Pendidikan 

Kerusakan dan kerumitan yang ditimbulkan oleh histori pendidikan palsu seorang karyawan sangatlah besar.

Pemeriksaan pendidikan memverifikasi universitas kandidat, gelar, mata pelajaran yang mereka ambil, hasil seperti IPK, dan kualifikasi lain yang telah mereka nyatakan di CV mereka.

Untuk industri yang membutuhkan keterampilan khusus seperti medis, farmasi, teknik, dll, pemeriksaan pendidikan sangat penting.

 

Kontak & Tempat Tinggal

Nomor kontak dan cek tempat tinggal sangat penting dan juga akan disertakan dalam pemeriksaan latar belakang. 

Layanan outsourcing seperti Abhitech akan memverifikasi seluruh kandidat kami dengan memeriksa nomor kontak dan alamat yang diberikan oleh kandidat adalah valid.

Ini mungkin tampak seperti langkah kecil tetapi nomor telepon dan/atau alamat yang tidak valid juga dapat mengindikasikan bahwa kandidat sedang dalam masalah keuangan. Jika tidak, bisa berarti kandidat tersebut tidak jujur dan menyembunyikan sesuatu.

 

Laporan kredit

Laporan kredit sangat jarang diperiksa selama proses rekrutmen karyawan di Indonesia. 

Misalkan perusahaan perlu menyaring kartu kredit karyawan. Dalam hal ini, perusahaan dapat meminta bantuan lembaga keuangan tertentu untuk mendapatkan perincian riwayat kredit karyawan dari Bank Indonesia, bank sentral.

 

Kehidupan sosial

Perusahaan juga dapat memverifikasi informasi karyawan di media sosial. Bisnis tidak dibatasi untuk mengumpulkan dan memverifikasi informasi tentang riwayat pencarian dan situs jejaring sosial. 

Namun, perusahaan tidak dapat mengakses informasi pribadi apa pun.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengumpulkan dan memverifikasi informasi tentang pandangan politik dan keanggotaan serikat pekerja. Namun, pemberi kerja tidak dapat menggunakan ini untuk mendiskriminasi karyawan atau penawaran apa pun yang diberikan kepada karyawan.

 

Pemeriksaan kesehatan

Menurut Pasal 8 UU Keselamatan Kerja, pengusaha dapat mewajibkan pekerjanya untuk menjalani pemeriksaan fisik dan skrining. Pekerjaan mereka dapat tergantung pada pemeriksaan ini.

Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan pemeriksaan alkohol dan obat-obatan selama proses pemeriksaan latar belakang mereka di Indonesia. Namun, tes ini hanya diperbolehkan untuk sejumlah keadaan yang mengharuskan karyawan bekerja dengan obat-obatan dan alkohol. Selain itu, tes ini juga memerlukan persetujuan tertulis dari karyawan.

 

Kesimpulan

Kandidat baru bisa menjadi aset terbesar bagi perusahaan Anda atau risiko paling signifikan. Di sinilah background check karyawan berperan.

Background check adalah salah satu panduan mendasar dari kerangka pre-employment screening yang kuat dan efektif yang harus dipertimbangkan untuk diadopsi oleh semua bisnis.

Sama seperti pemeriksaan referensi, memverifikasi riwayat pekerjaan membantu membangun asosiasi yang dikenal.

Di Abhitech, kami percaya bahwa semua industri dan bisnis dapat meningkatkan kualitas perekrutan dan melindungi diri dari penipuan lamaran dengan memperkenalkan pemeriksaan riwayat pekerjaan.

Dengan informasi yang akurat dan tidak memihak tentang latar belakang dan kredibilitas kandidat, verifikasi riwayat pekerjaan oleh Manpower Outsourcing Abhitech dapat membantu Anda membuat keputusan perekrutan yang tepat.

Jika Anda ingin mendapatkan panduan lebih lanjut tentang persyaratan penyaringan pekerjaan perusahaan Anda, hubungi kami hari ini.

 

142.5
4/5 - (114 votes)

Related Posts