Pahami Cara Mudah Apply Visa Keluarga di Indonesia

Apply visa keluarga adalah keharusan untuk Anda WNA yang ingin tinggal di Indonesia bersama keluarga. 

Menurut situs website Passport Index salah satu alasan dibutuhkan visa adalah agar Negara dapat memeriksa dan memastikan pengunjung yang keluar masuk ke negaranya tidak melakukan kegiatan kriminal.

Anda pun tidak ingin jika rumah Anda kedatangan tamu tak dikenal.

I. Pendahuluan

Sebelum membahas bagaimana cara apply visa keluarga di Indonesia, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu visa keluarga? 

Menurut Imigrasi Jogja Visa penyatuan keluarga adalah jenis visa tinggal terbatas (VITAS) yang memfasilitasi orang asing (OA)untuk bergabung dengan keluarganya di Indonesia. Visa ini berindeks C317 dan memiliki masa berlaku yang bervariasi, mulai dari enam bulan hingga dua tahun

Menurut situs Kementerian Luar Negeri Indonesia WNA dalam perkawinan campuran atau keluarga, reunifikasi dapat mengajukan KITAS Visa Tinggal Indeks C 317. Artinya jika ingin membawa pasangan ke Indonesia maka dapat mengajukan KITAS, singkatan dari untuk Kartu Izin Tinggal Sementara yang artinya Kartu Izin Tinggal Sementara.

Secara sederhana visa keluarga adalah visa yang dapat digunakan untuk memfasilitasi orang asing yang ingin tinggal dengan keluarganya di Indonesia. Visa ini memiliki indeks C317, dengan masa berlaku yang beragam sesuai dengan sponsor.

Indonesia memiliki jenis visa yang beragam. Anda dapat membaca lebih lanjut disini

WNA bekerja dan tinggal di Indonesia bersama suami atau istri karena memiliki visa keluarga C317

Image: Freepik

II. Peran dan manfaat dari visa keluarga

Berikut adalah manfaat yang akan keluarga (termasuk pasangan dan anak) Anda dapatkan jika memiliki visa keluarga.

  • Hak yang sah secara hukum untuk tinggal dan masuk serta keluar wilayah Indonesia

Jika melihat website Imigrasi Indonesia disini 

Ada yang bertanya: Apakah orang asing yang mempunyai izin tinggal terbatas boleh keluar masuk wilayah Indonesia dengan leluasa?

Dan jawaban dari pihak Imigrasi Indonesia adalah

“Ya, izin tinggal terbatas milik orang asing disertakan dengan izin masuk kembali yang berguna untuk izin masuk dan keluar wilayah Indonesia dalam jangka waktu sesuai dengan masa berlaku izin tinggal terbatas tersebut.

Pasangan dan anak Anda yang memiliki KITAS keluarga C317 akan memiliki hak tinggal yang sah di Indonesia. Hal ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga Anda untuk menikmati hidup di Indonesia, dengan segala kekayaan budaya lokal dan keindahan alamnya.”

Yang berarti dengan memiliki visa keluarga ini Anda dapat ikut dengan suami, istri, atau orang tua Anda untuk tinggal bersama di Indonesia dan terjamin hak-haknya sebagaimana warga negara.

  • Akses terhadap Layanan Kesehatan dan Pendidikan

Dengan memegang visa keluarga dengan indeks C317, keluarga Anda akan mendapatkan akses lebih mudah terhadap layanan kesehatan dan institusi pendidikan di Indonesia. Hal ini memastikan keluarga Anda dapat menikmati standar hidup yang sehat dan memuaskan, dengan pendidikan berkualitas untuk anak-anak Anda.

  • Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi berarti KITAS merupakan salah satu syarat untuk memiliki Surat Izin Mengemudi internasional.

KITAS keluarga C317 juga memungkinkan pasangan Anda mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia yang semakin memudahkan mobilitas dan akses ke berbagai lokasi di tanah air.

  • Kemudahan Financial

Tentunya Anda sudah paham dengan kemudahan menggunakan rekening bank lokal untuk bertransaksi. Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia (OJK) Dalam surat edaran OJK OJK (S-246/S.01/2015) menginformasikan bahwa warga negara asing dapat membuka rekening di Indonesia.

Saat ini, orang asing hanya dapat menyimpan tidak lebih dari USD 50.000 di rekening Indonesia. Selain itu, persyaratannya pun cukup mudah.

Setoran awal sebesar $2.000USD

Paspor

Seperti yang kita tau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga independen di Indonesia yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang mengatur, mengawasi, memeriksa, dan menyelidiki tentang keuangan. 

Kenapa ini menguntungkan?

Karena ini berarti pasangan pemegang KITAS C317 dapat membuka rekening bank di Indonesia, mengajukan pinjaman, dan mendapatkan kartu kredit. Hal ini memberikan keleluasaan dan kemudahan dalam mengelola keuangan keluarga Anda di Indonesia.

Dengan segala manfaat tersebut, Visa Keluarga C317 tidak hanya memudahkan Anda bekerja dan tinggal di Indonesia tetapi juga memungkinkan keluarga Anda menikmati hidup di Indonesia.

Visa keluarga dapat membantu pasangan Anda membuka rekening bank lokal

Image: Freepik

III. Hal yang harus disiapkan Sebelum apply Visa Keluarga

Dokumen yang harus dipersiapkan jika Anda ingin mengurus visa keluarga di Indonesia secara akan sedikit berbeda mengikuti sponsor visa Anda. 

Berikut adalah contoh dokumen inti yang harus Anda persiapkan diawal:

  1. Akta nikah
  2. Kartu keluarga pasangan di Indonesia (jika Ada)
  3. Kartu identitas atau akta lahir pasangan (jika Ada)
  4. Surat pernyataan dari bank
  5. Paspor yang masih aktif
  6. 2 foto paspor, fotokopi halaman utama paspor
  7. Fotokopi cap visa negara tempat aplikasi berlangsung

Jika Anda melihat situs website Kemenkumham disana dibahas secara lebih detail tentang dokumen yang harus dipersiapkan, dan ada sedikit perbedaan sesuai dengan sponsor yang menjamin Anda.

IV. Bagaimana cara apply Visa Keluarga?

Untuk mengajukan Visa Keluarga di Indonesia, ada beberapa cara yang bisa diambil. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ketahui:

  • Mengajukan Visa Langsung melalui Kantor Imigrasi Terdekat:

Anda dapat mengajukan visa langsung di Kantor Imigrasi terdekat. Untuk WNA yang telah menikah dengan WNI, mereka dapat mengajukan visa tinggal terbatas dengan kode C317. Proses pengajuan izin tinggal ini dapat dilakukan di Kantor Imigrasi dengan membawa semua dokumen yang diperlukan.

kantor imigrasi di jakarta untuk apply visa terdekat

Image: Travel.kompas.com

  • Pengajuan Online melalui Website Resmi:

Alternatif lainnya adalah dengan mengajukan visa secara online melalui website resmi Imigrasi, yaitu www.visa-online.imigrasi.go.id. Melalui website ini, Anda dapat mengisi formulir aplikasi secara elektronik dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Proses ini memungkinkan Anda untuk mengajukan visa keluarga tanpa harus datang langsung ke Kantor Imigrasi.

  • Menggunakan Jasa Agen atau Konsultan Imigrasi:

Anda juga dapat memilih untuk menggunakan jasa agen atau konsultan imigrasi yang berpengalaman dalam proses pengajuan visa keluarga. Mereka akan membantu Anda dalam mengurus berbagai persyaratan dan prosedur yang diperlukan untuk pengajuan visa. Dengan bantuan mereka, Anda dapat memastikan bahwa dokumen-dokumen yang diperlukan telah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak imigrasi.

Penting untuk diingat bahwa dalam pengajuan visa keluarga, kelengkapan dokumen sangatlah penting untuk memastikan proses pengajuan berjalan lancar dan tidak terhambat oleh masalah administrasi. Oleh karena itu, pastikan Anda mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan teliti, terlepas dari metode pengajuan yang Anda pilih.

VI. Kesimpulan

Tinggal di Indonesia bersama keluarga merupakan impian banyak orang asing. Untuk mewujudkannya, WNA yang ingin tinggal bersama keluarga di Indonesia harus memiliki Visa Keluarga. Visa ini memberikan hak tinggal yang sah dan berbagai manfaat lainnya seperti akses ke layanan kesehatan dan pendidikan, SIM Indonesia, dan kemudahan finansial.

Proses pengajuan Visa Keluarga dapat dilakukan secara langsung di Kantor Imigrasi terdekat, online di www.visa-online.imigrasi.go.id, atau melalui agen/konsultan imigrasi. Kelengkapan dokumen merupakan kunci kelancaran proses.

Berikut beberapa tips untuk mempermudah proses pengajuan Visa Keluarga:

  1. Baca detail dokumen yang diperlukan di website Kemenkumham.
  2. Gunakan website resmi Imigrasi untuk apply online.
  3. Agen/konsultan visa dapat membantu memastikan kelengkapan dokumen.

Dengan memahami informasi di atas, diharapkan proses pengajuan Visa Keluarga Anda menjadi lebih mudah dan lancar.

Jika Anda masih belum paham dan butuh bantuan untuk mengurus visa, Anda dapat mempercayakan kepada Abhitech kami menjamin proses pembuatan Visa Anda akan berjalan dengan lancar.

Abhitech memahami kerumitan proses pengajuan Visa Keluarga C317 di Indonesia.  Kami hadir untuk membantu Anda melalui berbagai layanan berikut:

  • Konsultan Visa Berdedikasi: Tim konsultan visa kami yang berpengalaman akan mendampingi Anda di sepanjang proses pengajuan, sehingga meminimalisir kesalahan yang berpotensi menyebabkan penundaan atau penolakan visa.
  • Bantuan Pengumpulan Dokumen: Kami akan membantu Anda atau penjamin dalam mengumpulkan dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Proses Cepat dan Efisien: Tim kami berpengalaman menangani proses pengajuan visa dengan cepat dan efisien. Kami memahami bahwa kantor imigrasi memiliki kuota harian untuk persetujuan visa.
  • Visa Multiple-Entry: Abhitech akan membantu Anda memperoleh Visa Keluarga C317 multiple-entry, sehingga memudahkan Anda untuk keluar-masuk Indonesia berkali-kali selama masa berlaku visa.

Hubungi Abhitech Sekarang!

Untuk informasi lebih lanjut dan bantuan dalam pengajuan Visa Keluarga C317 Anda, jangan ragu untuk menghubungi Abhitech untuk memastikan Visa Keluarga C317 Anda diproses dengan mudah dan cepat.

0
Rate this post

Related Posts