Contoh Template Evaluasi Data Kinerja Karyawan 2023

360 degree performance review

Data kinerja karyawan merupakan kunci untuk tracking seberapa baik karyawan melakukan pekerjaan mereka. 

Mengukur takaran resep atau bahan untuk proyek konstruksi merupakan permainan angka. Namun, saat mengukur kinerja manusia, HR harus menggunakan kombinasi angka dan intuisi.

HR harus memiliki metode untuk mengukur produktivitas dan efisiensi karyawan. 

Walau mengukur kinerja karyawan dapat menjadi tantangan tersendiri, tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar penilaian kinerja objektif bagi karyawan dan maupun management. 

Kami telah merinci beberapa contoh di bawah ini.

 

Apa itu kinerja karyawan?

Kinerja karyawan adalah bagaimana seorang karyawan menjalankan perannya, menyelesaikan tugasnya dan cara berperilaku di tempat kerja. Pengukuran kinerja meliputi kualitas, kuantitas dan efisiensi kerja.

Melakukan evaluasi kinerja karyawan tidak hanya menguntungkan perusahaan. 

Evaluasi akan membantu karyawan untuk mencapai potensi penuh mereka, sementara juga meningkatkan kinerja secara keseluruhan – yang dapat memiliki efek positif pada moral dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

 

Bagaimana kinerja karyawan diukur?

Beda role berbeda pula metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja karyawan. Namun secara umum, cara untuk mengukur kinerja adalah:

 

Download Template 360 Degree Feedback Form

 

Kualitas pekerjaan

Standar kerja yang dihasilkan merupakan indikator utama kinerja. 

  • Apakah karyawan berupaya maksimal untuk memastikan hasil berkualitas tinggi? 
  • Apakah tujuan kinerja terpenuhi? 

Kualitas kerja memberikan dasar untuk menganalisis semua elemen lain dari kinerja mereka.

 

Kecepatan dan efisiensi

Melihat berapa banyak yang dicapai karyawan dalam rata-rata minggu, bulan atau kuartal. 

  • Apakah sudah sesuai dengan ekspektasi perusahaan?
  • Apakah deadline terpenuhi atau terbuang sia-sia? 

Efisiensi adalah hasil output dengan biaya terendah sehingga hal ini sangat penting untuk diperhatikan dalam perusahaan.

 

Kepercayaan dan konsistensi

Evaluasi kembali, apakah perusahaan mempercayai karyawan untuk melakukan semua pekerjaan dengan standar tinggi dan menyelesaikannya tepat waktu. 

  • Apakah karyawan bekerja secara independen atau leader merasa sering harus turun tangan? 
  • Apakah karyawan secara konsisten menampilkan value perusahaan? 
  • Apakah karyawan tepat waktu dan hadir dengan standar yang diharapkan? 

 

Cara mengevaluasi kinerja karyawan

Evaluasi kinerja dapat menjadi hal yang menakutkan bagi karyawan maupun manajer, tetapi itu adalah titik awal yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa cara populer untuk mengevaluasi kinerja karyawan:

 

360-degree feedback

Seperti namanya, metode ini melihat feedback, pendapat, dan penilaian dari berbagai kalangan. Termasuk anggota tim, supervisor dan lain-lain. 

Cari kesamaan terhadap feedback dari divisi yang berbeda, karena ini akan mengidentifikasi untuk perbaikan lebih lanjut.

 

Objective-based performance

Dengan metode ini, manajer dan karyawan bekerja sama untuk menentukan goals dan menetapkan deadline dalam evaluasi kinerja karyawan.

Ketika karyawan terlibat dalam proses menentukan goals, mereka dapat melihat bagaimana tiap individu berkontribusi pada tujuan perusahaan yang lebih besar. 

Metode ini juga membantu meningkatkan engagement dan motivasi bagi karyawan.

 

Template Penilaian Kinerja Karyawan GRATIS

 

Twist pada SWOT

Banyak yang sudah terbiasa dengan analisis SWOT, tetapi untuk evaluasi kinerja, yang terbaik adalah menukar ‘weakness’ dengan ‘areas for development’. 

Anggap ‘opportunity’ sebagai peluang masa depan untuk pertumbuhan karyawan dan perkembangan mereka di dalam perusahaan juga.

Metode ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengetahui apakah karyawan merasa ada sesuatu yang menghambat resource mereka, atau jika mereka merasa kekurangan resource penting.

Dengan memetakan area kinerja yang berbeda ini, baik manajer maupun karyawan dapat bekerja sama untuk membuat development planning.

 

Tingkat kinerja berdasarkan skala

Metode tradisional menggunakan skala bernomor, seperti 1 hingga 5 atau 1 hingga 10, untuk menentukan peringkat kinerja karyawan di area tertentu. 

Cara ini biasanya digunakan karena mudah dipahami baik oleh karyawan maupun manajer, memungkinkan perbandingan yang mudah antara anggota tim dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. 

Manajer atau HR dapat menetapkan variabel untuk diberi peringkat.

 

Template Lengkap Mengukur Data Kinerja Karyawan 

Masih bingung bagaimana mengukur dan mengumpulkan data kinerja karyawan?

Ukur dan monitor data kinerja karyawan dari tenaga kerja perusahaan secara menyeluruh menggunakan metode 360-degree feedback. 

Download template 360-degree feedback GRATIS

 

Saatnya fokus kembangkan perusahaan, tinggalkan Pekerjaan Administratif HR

Dengan begitu banyak yang dipertaruhkan di bidang HR, masuk akal perusahaan yang baik untuk melakukan outsourcing HR tahun ini.

Di Abhitech, kami tahu (dari beroperasi selama lebih dari 30 tahun) bahwa HR benar-benar merupakan landasan untuk menumbuhkan setiap perusahaan yang sukses dan memastikannya stabil dan terlindungi. Let us help!

Ketika Abhitech membantu, perusahaan Anda dapat menjadi lebih fokus pada expertise dan produk yang Anda tawarkan, sambil menghemat waktu, uang, dan meningkatkan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda merasa kini saatnya untuk meningkatkan kinerja HR perusahaan Anda ke standar modern, schedule konsultasi dengan kami hari ini.

142.5
4/5 - (108 votes)

Related Posts