Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan (Free Template)

Contoh surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja (SK) merupakan contoh dokumen administrasi yang sangat penting dan sering kali dibutuhkan dalam berbagai situasi, mulai dari pengajuan kredit hingga pengurusan visa.

SK dikeluarkan oleh perusahaan untuk memverifikasi status kerja seseorang kepada pihak ketiga. Pihak ketiga umumnya membutuhkan surat ini sebagai bukti kemampuan finansial dari pekerja tersebut.

Selain itu, SK juga dapat digunakan sebagai referensi bagi individu yang mencari pekerjaan baru. Dalam hal ini, calon pemberi kerja dapat melihat riwayat kerja kandidat sebelumnya untuk memastikan identitas dan pengalaman kerjanya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan lebih rinci mengenai pentingnya dan struktur surat keterangan kerja. Di bagian akhir artikel, Anda juga akan mendapatkan template contoh surat keterangan kerja yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pekerja.

 

FREE Download: Template Surat Keterangan Kerja (SK) Karyawan

 

Apa Itu Surat Keterangan Kerja Karyawan?

Surat keterangan kerja karyawan adalah dokumen yang dikeluarkan oleh departemen HR perusahaan yang menyatakan bahwa seorang karyawan memang bekerja secara resmi di perusahaan tersebut.

Penerbitan SK ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan karyawan, misalnya untuk keperluan pembuatan paspor atau persyaratan perbankan yang membutuhkan surat ini.

Sebagian besar karyawan tetap di perusahaan sudah familiar dengan SK karyawan tetap.

Biasanya, karyawan dapat mengajukan permintaan langsung kepada departemen HR perusahaan untuk mendapatkan surat ini sesuai dengan kebutuhan mereka.

Surat ini memiliki status resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjelaskan bahwa seorang karyawan masih terikat secara hukum dengan perusahaan atau lembaga terkait.

Isi surat ini harus mencakup perilaku dan konduite kerja karyawan selama bekerja.

Oleh karena itu, surat ini harus secara jelas mencantumkan informasi tentang integritas dan profesionalisme karyawan sebagai referensi bagi pihak yang menerima surat ini.

Secara umum, format SK ini mengikuti format surat resmi.

Misalnya, mencakup logo resmi perusahaan atau kop surat, ditandatangani oleh direktur atau atasan langsung karyawan yang bersangkutan, serta menggunakan stempel resmi perusahaan untuk memastikan keabsahan dokumen tersebut.

 

Fungsi Surat Keterangan Kerja Karyawan

Dilihat dari fungsinya, surat keterangan yang menyatakan bahwa seorang karyawan merupakan karyawan tetap memiliki beberapa kegunaan, antara lain:

 

Membuat surat referensi bank dengan menggunakan surat pernyataan kerja karyawan

Contohnya, ketika seseorang ingin membuat surat referensi dari bank, bank biasanya meminta surat keterangan kontrak kerja sebagai bukti bahwa karyawan masih bekerja di perusahaan. Surat referensi bank ini seringkali diperlukan saat pengajuan visa atau ketika seseorang akan bepergian ke luar negeri. Tujuannya adalah untuk menjamin bahwa karyawan tersebut memiliki kemampuan finansial yang cukup selama berada di luar negeri.

Download contoh SK untuk referensi bank

 

Mendaftar beasiswa

Ketika seseorang ingin mendaftar untuk mendapatkan beasiswa, terutama melalui jalur profesional, surat keterangan kerja yang sah dan dilegalisir oleh perusahaan tempat karyawan bekerja seringkali menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Banyak pemberi beasiswa yang menetapkan persyaratan ini sebagai syarat wajib.

Download contoh SK untuk mendaftar beasiswa

 

Meminjam uang dari bank

Misalnya, seseorang yang ingin memulai bisnis baru membutuhkan modal. Salah satu cara untuk mendapatkan pinjaman modal yang cukup besar adalah melalui bank. Ketika mengajukan pinjaman ke bank, biasanya bank akan meminta surat keterangan kerja sebagai salah satu syarat persetujuan. SK ini menjadi jaminan bagi bank bahwa karyawan tersebut merupakan bagian dari perusahaan tertentu dan memiliki kemampuan untuk membayar pinjaman sesuai kesepakatan.

Contoh SK untuk mengajukan pinjaman Bank

 

Menarik sebagian dana BPJS Ketenagakerjaan

Meskipun idealnya dana BPJS Ketenagakerjaan hanya dapat diambil ketika seseorang keluar dari perusahaan atau untuk masa pensiun, dalam beberapa kondisi tertentu sebagian dana tersebut dapat dicairkan.

Salah satu contoh penggunaan SK lainnya adalah Surat Keterangan Karyawan yang telah dilegalisir. Surat ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk dapat mencairkan sebagian dana BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai seorang karyawan, meskipun masih bekerja, seseorang tetap dapat mencairkan sebagian dana dengan batas hanya 10 hingga 30 persen dari total dana BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya.

Contoh SK karyawan untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

 

Mengajukan KPR

Pengajuan KPR untuk rumah juga menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang, termasuk karyawan kantoran.

Dalam mengajukan KPR, bank juga akan meminta surat keterangan kerja sebagai salah satu persyaratannya.

Persyaratan ini diperlukan oleh pihak bank sebagai bukti yang sah bahwa orang tersebut adalah karyawan resmi dari perusahaan atau instansi terkait dan memiliki kemampuan finansial untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya.

Contoh SK karyawan untuk mengajukan KPR

 

Format dan Struktur Surat Keterangan Kerja

Bagi Anda yang saat ini menjabat sebagai HRD di sebuah perusahaan, pasti memerlukan contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan ketika ada pengakuan dari salah satu karyawan.

Selain mencari referensi di internet, Anda juga dapat mencari contoh surat yang telah dibuat sebelumnya oleh tim HRD.

Namun, jika tidak ada contoh yang tersedia, internet dapat menjadi sumber bantuan yang berguna. Anda dapat menemukan banyak situs yang menawarkan contoh-contoh SK, salah satunya adalah dalam artikel ini.

Sebelum melihat contoh-contoh SK untuk berbagai keperluan, penting untuk memahami struktur dan bagian-bagiannya. Berikut adalah detailnya:

Kepala Surat: Bagian ini berisi nama perusahaan lengkap beserta alamat dan nomor telepon perusahaan. Biasanya, HRD telah menyiapkan kertas khusus yang sudah memiliki kepala surat sehingga hanya perlu membuat isi suratnya saja.

Perihal Surat: Bagian ini menjelaskan tujuan atau alasan dibuatnya surat oleh HRD.

Isi Surat: Bagian ini merupakan inti dari Surat Keterangan Kerja yang berisi informasi penting. Mulai dari data karyawan yang bersangkutan, termasuk nama, alamat, jabatan, nomor telepon, lama waktu bekerja, dan detail lainnya sesuai kebutuhan.

Penutup Surat: Bagian ini akan menyahkan Surat Keterangan Kerja yang disusun oleh HRD. Isinya mencakup tempat, tanggal, tanda tangan pembuat surat, nama lengkap pembuat surat, dan juga stempel perusahaan.

Pada beberapa perusahaan, bagian penutup tidak hanya mencantumkan pengesahan dari pihak HRD, tetapi juga pimpinan perusahaan. Namun, sekali lagi, struktur yang disebutkan di atas merupakan struktur umum. Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap perusahaan dapat memiliki struktur yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di dalamnya.

Download template Surat keterangan Kerja dengan struktur lengkap

 

Keuntungan dari Memiliki Surat Keterangan Kerja

Melalui contoh Surat Keterangan Kerja dari perusahaan di atas, ini akan memudahkan Anda dalam membuat SK secara resmi. Terutama jika Anda berperan sebagai HRD, karena kemungkinan besar Anda sering mendapatkan permintaan dari karyawan untuk membuat surat tersebut.

Bagi karyawan yang memiliki SK, tentunya ada banyak keuntungan yang didapatkan, antara lain:

1. Kemudahan dalam Mengurus Keperluan

Memiliki SK akan membantu karyawan dalam mengurus berbagai keperluan mereka. Misalnya, jika ingin mengajukan KPR, surat ini akan memudahkan karyawan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank.

Oleh karena itu, mengurus SK menjadi penting, sehingga karyawan perlu bekerja dengan baik. Meskipun tidak memiliki prestasi yang mengagumkan, setidaknya memiliki catatan kehadiran yang baik dan kinerja yang dapat diandalkan oleh tim di divisi tempatnya bekerja.

2. Mendapatkan Apresiasi dari Perusahaan

Memiliki SK juga menjadi bukti bahwa seorang karyawan telah mendapatkan penghargaan dari perusahaan. Surat ini merupakan bentuk apresiasi dari perusahaan atas dedikasi karyawan selama bekerja di sana. Selain itu, surat ini juga menjadi bukti bahwa karyawan tersebut mengundurkan diri dengan baik.

3. Bukti Prestasi Kerja yang Baik EN

SK juga akan membantu karyawan untuk membuktikan bahwa mereka telah bekerja dengan baik. Hal ini dapat menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan baru saat mengajukan lamaran kerja.

Oleh karena itu, sebagai seorang karyawan, sebaiknya Anda bekerja dengan baik, agar memudahkan segala urusan bahkan setelah mengajukan pengunduran diri. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga hubungan baik dengan seluruh staf di perusahaan, baik itu staf di divisi yang sama maupun divisi lainnya.

 

Kesalahan Umum dalam Pembuatan Surat Keterangan Kerja

Beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam pembuatan surat keterangan kerja berkaitan dengan kelengkapan informasi, seperti tidak mencantumkan lama masa jabatan dan status kepegawaian yang bersangkutan.

Selain itu, terkadang terjadi kesalahan dalam proses pembuatan karena miskomunikasi atau kesalahan manusia.

Dalam artikel ini, terdapat contoh SK yang dapat membantu Anda dalam menyusunnya dan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tim Abhitech memastikan surat keterangan kerja karyawan anda sesuai dengan regulasi ketenagakerjaan terbaru di Indonesia. Bahkan melalui bantuan Abi People, Anda bisa menyusun kontrak kerja yang terperinci secara otomatis.

Klik disini sekarang juga untuk mendapat bantuan menusun kontrak kerja yang rinci dan secara otomatis.

142.5
4/5 - (10 votes)

Related Posts