Apakah tempat kerja Anda sudah memiliki NPP perusahaan? NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki perusahaan untuk menjamin kesejahteraan karyawan dan memastikan bisnis bisa berjalan dengan baik.
Setiap perusahaan perlu mendaftarkan diri sah di BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk mendapatkan identitas berupa NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan).
NPP ini selanjutnya akan diperlukan untuk memberikan kemudahan dan perlindungan bagi perusahaan maupun karyawan. Perlu dicatat bahwa Abhitech tidak menyediakan jasa pengurusan atau pendaftaran NPP, tetapi kami dapat membantu Anda mengelola administrasi terkait setelah perusahaan Anda memperoleh NPP.
Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang pentingnya NPP bagi perusahaan dan bagaimana Abhitech dapat mendukung pengelolaan administrasi perusahaan setelah mendapatkan NPP.
Apa Itu NPP Perusahaan dan Mengapa Penting?
-
Definisi dan Tujuan NPP Perusahaan
NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) merupakan nomor unik yang dikeluarkan oleh BPJS bagi setiap perusahaan yang telah terdaftar secara sah.
Tujuan memiliki NPP perusahaan antara lain:
- Legalitas hukum
- Akses program BPJS Ketenagakerjaan
- Kepastian kontribusi
- Fasilitas Kepegawaian
- Kepercayaan karyawan
- Kepatuhan regulasi
-
NPP dan Hubungannya dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan
NPP berfungsi sebagai identitas dan syarat utama untuk mendaftarkan perusahaan serta karyawannya sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.
Nomor ini juga diperlukan untuk proses pembayaran iuran dan mengakses layanan tambahan.
-
Perbedaan NPP dengan Nomor Induk Berusaha (NIB)
NPP merupakan identitas atau nomor registrasi yang harus dimiliki perusahaan agar bisa mendaftar dalam keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.
Sedangkan, NIB merupakan identitas pelaku usaha untuk bisa mendapatkan izin usaha dan melakukan kegiatan usaha.
Fungsi dan Manfaat NPP Bagi Perusahaan
NPP bagi perusahaan memiliki banyak fungsi dan manfaat. Berikut di antaranya:
-
Legalitas dan Kepatuhan terhadap Regulasi Ketenagakerjaan
NPP berfungsi sebagai legalitas hukum bagi perusahaan yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah terdaftar secara sah di BPJS.
NPP juga menjadi bukti kepatuhan perusahaan terhadap regulasi Ketenagakerjaan.
-
Akses ke Program Jaminan Sosial Karyawan
Dengan memiliki NPP, perusahaan bisa mengakses program jaminan sosial karyawan.
Hal ini membuktikan bahwa perusahaan memberikan perlindungan bagi karyawan dalam hal asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan jaminan hari tua.
-
Meningkatkan Kredibilitas dan Reputasi Bisnis
Perusahaan yang memiliki Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) menunjukan bahwa perusahaan beroperasi sesuai regulasi yang berlaku.
Hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis di mata mitra bisnis, investor dan calon karyawan.
-
Menyederhanakan Administrasi SDM dan Payroll
Adanya NPP dapat menyederhanakan administrasi yang berkaitan dengan Ketenagakerjaan.
Tidak hanya itu, perusahaan juga lebih efisien dalam mengelola sistem penggajian karyawan.
-
Mendukung Transparansi dan Profesionalitas Perusahaan
NPP juga berfungsi untuk mendukung transparansi dan profesionalitas perusahaan dimata konsumen.
Dengan memiliki NPP, konsumen akan lebih yakin dan percaya untuk menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.
Baca Juga: Apa itu Surat Paklaring? Fungsi dan Perannya di Dunia Kerja
Syarat dan Dokumen untuk Mengajukan NPP Perusahaan
Untuk bisa memiliki NPP Perusahaan, ada syarat dan dokumen yang perlu dipersiapkan seperti di bawah ini:
-
Dokumen Legalitas Perusahaan
- Akta pendirian perusahaan
- Nomor Izin Berusaha (NIB)
- NPWP
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- Nama perusahaan
- Alamat lengkap perusahaan
-
Data Karyawan dan Bukti Kepesertaan BPJS
- Jumlah dan data karyawan yang bekerja di perusahaan
- Data keluarga karyawan yang akan didaftarkan BPJS
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
-
Dokumen Pendukung Keuangan
- Nomor rekening perusahaan untuk membayar iuran BPJS
- Formulir registrasi badan usaha atau badan hukum lain
Cara Mendapatkan NPP Perusahaan secara Online
Berikut langkah-langkah daftar NPP secara online:
-
Langkah-langkah Daftar di Portal BPJS Ketenagakerjaan
- Buka halaman website resmi BPJS Ketenagakerjaan
- Klik pada menu “Registrasi Badan Usaha Baru”
- Setujui syarat dan ketentuan yang ditampilkan
- Isi formulir registrasi dengan lengkap
- Tunggu email notifikasi aktivasi dari BPJS
- Setelah diaktivasi, selanjutnya sign in dan lakukan pendaftaran karyawan dan anggota keluarganya
-
Tips Menghindari Kesalahan Administrasi saat Registrasi
- Persiapkan dokumen persyaratan dengan benar
- Isi data dengan lengkap
- Periksa kembali data untuk menghindari kesalahan input
- Ikuti prosedur dengan benar
- Jika ada kendala saat daftar, hubungi pihak terkait untuk memperoleh bantuan
-
Cara Cek Status Pendaftaran dan NPP yang Sudah Terbit
Anda bisa mengeceknya melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan. Caranya login ke akun Anda, kemudian cari informasi terkait NPP perusahaan yang sudah terdaftar.
Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Jamsostek Mobile untuk cek status NPP.
Implikasi Hukum Jika Perusahaan Tidak Memiliki NPP
Perusahaan yang tidak memiliki NPP, berisiko menerima sanksi hukum seperti di bawah ini:
-
Sanksi Administratif dan Potensi Masalah Hukum
Perusahaan yang tidak memiliki NPP dianggap tidak mematuhi regulasi yang berlaku sehingga berpotensi mendapatkan sanksi administratif hingga potensi masalah hukum.
-
Dampak terhadap Proses Audit dan Rekrutmen Tenaga Kerja
Tanpa memiliki NPP, kredibilitas dan reputasi perusahaan akan dipertanyakan.
Hal ini bisa berdampak terhadap proses audit dan kepercayaan calon karyawan ketikan proses rekrutmen tenaga kerja.
-
Risiko Tidak Terdaftar dalam Sistem BPJS secara Legal
Perusahaan yang tidak memiliki NPP, tidak akan terdaftar secara sah dalam sistem BPJS Ketenagakerjaan.
Artinya perusahaan juga tidak memiliki hak untuk mengakses program BPJS secara legal.
Baca Juga: Coretax: Masalah Umum dalam Sistem Pajak Baru
Solusi People Management dari Abhitech untuk Perusahaan Anda
Sebagai HR solution Anda, meskipun Abhitech tidak bisa membantu Anda mengurus pembuatan perizinan perusahaan, kami menyediakan layanan people management yang membantu pengelolaan kehadiran karyawan, manajemen cuti, pencatatan data karyawan, dan analitik HR perusahaan Anda, seperti:
-
Pengelolaan Kehadiran Karyawan
Abhitech menyediakan sistem yang memungkinkan pencatatan absensi karyawan secara real-time. Sistem ini mendukung pengelolaan jadwal kerja yang fleksibel, lembur, dan monitoring kehadiran dengan akurat, sehingga Anda dapat memastikan data yang terkumpul benar dan siap digunakan untuk perhitungan gaji.
-
Manajemen Cuti yang Efisien
Dengan sistem manajemen cuti yang terintegrasi, karyawan dapat mengajukan cuti secara online, sementara Anda dapat dengan mudah memantau sisa hak cuti dan status pengajuan. Hal ini mengurangi beban administratif dan meningkatkan transparansi serta efisiensi dalam pengelolaan cuti.
-
Pencatatan Data Karyawan yang Terpadu
Sistem kami menyimpan data karyawan secara terpusat dan terstruktur, mulai dari informasi pribadi, riwayat jabatan, hingga catatan pelatihan dan evaluasi kinerja. Semua data dapat diakses dengan mudah dan aman, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan berbasis data.
-
Analitik HR untuk Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik
Dengan menggunakan fitur analitik yang canggih, Abhitech membantu Anda memantau tren absensi, kinerja, serta tingkat kepuasan karyawan. Data yang kami olah memberikan wawasan yang berguna untuk merumuskan kebijakan SDM yang lebih tepat, serta meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan.
-
Laporan HR yang Akurat dan Tepat Waktu:
Layanan kami juga mencakup pembuatan laporan-laporan terkait kehadiran, cuti, dan data karyawan yang membantu Anda dalam perencanaan SDM dan keputusan bisnis lainnya. Laporan yang kami hasilkan selalu akurat dan disesuaikan dengan kebutuhan regulasi dan administrasi perusahaan.
Fokus pada Bisnis Anda, Biarkan Abhitech Bantu Kelola Administrasi Perusahaan
NPP Perusahaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki perusahaan sebagai bukti kepatuhan regulasi dan perlindungan terhadap karyawan.
Meski tidak menyediakan jasa pembuatan dokumen legal seperti NPP, Abhitech dapat membantu perusahaan mengelola administrasi SDM secara profesional termasuk pengaturan data karyawan, dokumentasi BPJS, dan pelaporan terkait ketenagakerjaan.
Ingin fokus pada pengembangan bisnis tapi masih terkendala dengan masalah administratif? Jangan khawatir, serahkan proses administratif perusahaan Anda pada Abhitech.
Layanan People Management Abhitech bisa jadi solusi untuk membantu mengelola administrasi SDM dan memastikan seluruh proses berjalan sesuai regulasi.
Hubungi kontak kami dan konsultasikan kebutuhan Anda pada Layanan People Management Abhitech. Kunjungi halaman kami dan temukan layanan kami yang lainnya seperti Employee of Record, Recruitment, Outsourcing dan Payroll.
Cek juga halaman blog kami untuk mendapatkan insight lebih lanjut.